Positive?! What should i do??!!

Standard

0924219-test-pack-780x390

Hello ladies, kali ini aku gak bahas tentang makeup, skincare, beauty tips, dll tapi aku mau sharing untuk para newbie bride, mom-to-be yang masih bingung-bingung dan panik kalo tiba-tiba si “tamu bulanan” telat datang dan iseng-iseng cek pregnancy test dan hasilnyaaaaaaa teng in eng: 2 GARIS MERAH JELAS ATAU SAMAR!!
Pertama-tama, penting sekali untuk para wanita usia produktif membiasakan menghitung siklus haid sendiri. Gampang koq, setiap si tamu muncul kamu tinggal tandain di kalender. Kenapa harus biasa?karena nantinya penting banget untuk dipakai pada saat kamu merencanakan kehamilan, was-was karena si tamu belum dating atau mendeteksi lebih awal ada sesuatu yang gak beres. Waktu aku kuliah dulu dan baca dari berbagai buku obstetric dan ginekologi, disitu dituliskan ovulation time terjadi di 14 hari setelah hari pertama haid terakhir . Bukan hari terakhir haid ya, tapi hari pertama haid datang di siklus terakhir (jadi kalo spotting coklat udah diitung ya, asal kamu yakin sudah masuk siklus berikutnya). Kadang kita sering susah mastiin apalagi kalo siklusnya gak teratur. Itulah gunanya kalender. Trus masa subur ada dimana? Nah masa subur adalah pada saat ovulasi itu dan 2-3 hari sebelum dan sesudah masa ovulasi. Jadi berbahagialah para bride to be yang waktu ijab qobulnya bertepatan setelah atau pada saat mestruasi hehehe 😀
Okey kalo udah biasa catet di kalender, trus ternyata bulan ini telat gimana dong? (notes: abaikan kalo kamu masih gadis ya.).Gak perlu tunggu telat lama-lama, telat 1-2 hari aja kamu udah bisa testpack. Saat ini testpack banyak dijual di apotik dan drugstore, boleh beli dari yang tipe manual stick sampai yang compact test. Merknya? Banyaklah ya dan pasti udah pada tau.Sebelum pakai, baca dulu petunjuk penggunaanya semuanya sudah jelas ada disitu. Caranya: kamu cek pas setelah bangun tidur di pagi hari, saat urine kamu pertama kali keluar di hari itu. Gak perlu tunggu lama-lama, 1-3 menit hasilnya juga udah keluar. Hasil 99% positif didapatkan jika yang terpampang di stick ada 2 garis tebal atau tipis atau malah samar sekali. Kalo hasil benar-benar meragukan karena garis satunya samar banget, kamu bisa ulang 2-3 hari kemudian. Kalo hasilnya 1 garis tapi kamu sudah terlambat haid kamu juga bisa ulang 5-7 hari kemudian. Pregnancy testpack ini untuk mengukur adanya hormone HCG dalam tubuh kamu, salah satu indikator kehamilan. Paling akurat melalui beta HCG darah.

Kalo positif aku harus apaaa??? Mari kita liat tips-tips berikut ini:
1. Congratulation, 99% kamu dinyatakan positif. Gak perlu tunggu lama-lama segera konfirmasi kehamilan kamu ke dokter spesialis obstetric dan ginekologi. Kenapa?positif testpack 1% kejadian tidak berarti hamil, ada beberapa kondisi yang menyebabkan tingginya hormone beta hcg dalam darah. Tapi itu jarang sekali. Kamu juga perlu tau apakah di rahim kamu sudah terbentuk kantong kehamilan? Apakah sudah ada penebalan rahim persiapan kehamilan?semua itu hanya bisa dikonformasi dengan pemeriksaan USG kandungan. Kalo kamu telat beberapa hari biasanya usia kehamilan kurang lebih 5 minggu. Pada usia kehamilan ini biasanya gestational sac (kantong kehamilan) sudah terdeteksi.
2. Beberapa wanita mengalami gejala seperti mau haid lagi: nyeri perut bawah, spotting sedikit seperti awal mau mens (bisa saja ini implantation bleeding artinya darah yang keluar krn penempelan calon janin di rahmn), badan tidak enak seperti meriang gak jelas, payudara sakit dan sensitive,sakit kepala, sering pipis, mood swing yang mirip seperti PMS. Kalo hasil testpack kamu ternyata positif, hampir pasti kamu hamil.
3. Walaupun belum dikonfirmasi pasti, mulai merubah semua life style kamu menjadi life style yang sehat. Hindari junkfood,makanan kalengan,makanan berpengawet. Mulailah makan sayur dan buah setiap hari. Kamu bisa mulai konsumsi asam folat, salah satu suplemen penting untuk perkembangan janin. Dokter pasti akan meresepkan suplemen ini mulai kehamilan sangat muda.

4. Beberapa makanan yang patut dihindari: makanan mentah baik dari produk hewani (daging mentah,ikan mentah, telur mentah-setengah matang) maupun nabati (salad yang kebersihannya diragukan,lalapan,karedok), makanan kalengan (kurangi konsumsi MSG), kurangi konsumsi kopi dan teh yang berlebihan. Yang harus harus banget gak disentuh alcohol dan rokok.
5. Kurangi aktivisak fisik berlebihan seperti olahraga fisik berat, naik turun tangga terlalu sering. Mengganti sepatu kamu dengan flat shoes akan lebih baik.
6. Bawa semuanya dengan happy. Stress psikis sangat sangat sangat berpengaruh ke perkembangan janin. Ini paling susah sebenarnya, tapi kamu harus bisa fight demi si calon baby.
7. Jangan lupa control 2 minggu berikutnya (apabila tidak ada keluhan) ke dokter anda untuk memastikan isi dari kantong kehamilan kamu dan denyut jantung janin bisa terdeteksi di minggu kehamilan ini.
8. Waspadai jika: kamu merasa nyeri perut bawah berlebihan seperti mau haid, keluar flek warna apapun dari coklat muda, coklat tua ,merah sampai perdarahan. Jangan tunggu lebih lama lagi segera ke dokter.
Okey sekian tips simple dari aku. Semoga para calon ibu beserta calon baby kita sehat-sehat semua ya. Kehamilan salah satu momen terindah dalam hidup para wanita, enjoy your pregnancy ladies. See you 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s