Yuk Belanja Keperluan Newborn

Standard

Hallooo semuaaa lamaaa banget aku gak posting karena lagi bahagia-bahagianya baru punya baby boy hihihi. Yes,  now i’m a mother dan rasanya Subhanallah ruaaar biasa hihihi. Kebetulan sekarang lagi ada “me-time” pas baby juga udah agak gedean dikit 4,5 bulan mulai deh tangan gatel buat nulis. Sejak kemarin2 udah kepingin share tentang persiapan aku belanja menyambut kelahiran baby G. Yuks mariii kita mulai 😀

Aku mulai belanja pas usia kandungan sekitar 30 minggu, padahal udah ga sabar sejak awal tapi aku lebih milih belanja saat kehamilan diatas 7 bulan saja bukan berarti percaya mitos yaa cuma ikutin kata hati aja hehe. Awalnya masih bingung banget sejak usia kehamilan 16 minggu mulai rajin nge-list apa yang bener-bener prioritas, mana yang bisa dibeli belakangan dan mana yang masukin wishlist kado hihihi. Aku ikutin thread newborn shopping list di http://www.femaledaily.com dan liat blog temen tips shopping keperluan newborn ala http://www.annisasatriana.blogspot.com jadilaaaah list keperluan baby G yang buanyaaak dan bikin kepala abahnya pusyiang hahaha

A. Keperluan Pokok Bayi

1. Pakaian Sehari-hari

  • 1/2 lusin baju lengan pendek + celana pendek size 0-3m dan 3-6m (masing-masing 1/2lusin)
  • 1/2 lusin baju lengan panjang+celana panjang size 0-3m dan 3-6m
  • 1/2 lusin baju kutung size 0-3m dan 3-6m
  • singlet beli 6 biji doang dan belum kepakai sampai sekarang hahaha
  • 1/2 lusin sleepsuit tutup kaki mending langsung ukuran 3-6m karena size sleepsuit newborn kecil banget apalagi merk carter. Sayang cepet banget gak kepakenya (mamak medit :D)
  • Jumper beli 1/2 lusin aja cukup. karena kebanyakan jumper bisa dapet dari kado. Percaya deh banyak banget yang kasi jumper apalagi merk carter yang motifnya lucu-l
  • Mitten 1/2-1 lusin, Kaos kaki selusin cukup jangan beli newborn semua. Newborn beli sarung kaki aja 1/2 lusin cukup. Kaos kaki kalo perlu beli agak banyakan.
  • Romper. optional aja sih ini buat lucu2an apalagi kalo mau bawa baby vaksin di RS gampang pake si romper ini tinggal jepret kancing hehe. Oh iya banyak yang ngadoin juga si romper ini
  • Topi beli dikit aja, 3 biji cukup buat bayi pulang dari RS atau mau vaksin di RS
  • Celana pop, beli 1,5 lusin dan kepakai sampai sekarang

Brand pakaian sehari-hari baby G: Nova, Velvet (ini size nya gede jadi lebih irit karena bisa dipake lama dan halus bahannya), Libby (bahan gak sehalus velvet dan nova tapi paling murah), Fluffy, Miyo

Bisa dibeli dimana? Banyak banget di ITC terdekat tempat kamu, babyshop. Usul baiknya kalo pakaian sehari-hari mending beli langsung biar bisa pegang2 bahannya daripada di olshop.

Sebaiknya langsung beli size besar, dan hindari membeli size newborn karena cepet banget gak kepakenya. Kalau mau beli ukuran newborn pilih velvet atau nova karena cuttingnya besar.

2. Perlengkapan Tidur

  • Selimut: beli 2 aja cukup kalau untuk kamu yang tinggal di negara tropis dan seringnya musim panas (exclude bandung dan sekitar,daerah Dieng dan daerah pegunungan lainnya ya). Kalau aku pakai selimut double fleece nya Carter halus bahannya. Belinya di online shop banyak. Kalo aku beli di olshop FB Heny Agustina (langgananku kalo beli perlengkapan bayi hehe)

Gambar diambil dari agenserbamurah.blogspot.com

  • Selimut topi. 1 atau 2 aja cukup biasanya dipakai saat bayi keluar RS atau saat mau dibawa vaksin
  • Bantal dan Guling
  • Perlak Ondo
  • Kelambu atau javan bed canopy. Tapi ini optional sih, aku kebetulan dipinjemin temen
  • Alas Ompol, kalo aku beli si alas ompol renata buat ditaruh diatas perlak dan dibawah bedong jadi deh alas bobok
  • Baby crib atau travel cot, ini optional aja. Baby G punya box travel cot merk Babydoes bravada, yang baru kepake mini tafelnya aja buat gantiin baju,popok dan sabunin saat masih newborn. Aku emang yang pro co-sleeping jadi bayiku gak akan aku tidurin di box. Fungsi box cuma buat dia mainan nanti pas udah guling-guling sementara ibunya ke kamar mandi atau masak sebentar.

Punya baby G persis kayak gini. beli di http://www.yukibabyshop.com. Belum sempet foto aja. Gambar diambil dari kaskus.

Oiya si bravada ini juga cukup affordable loh harganya. Udah dapet mini tafel juga yang sangat sangat kepake. Bisa jadi alternatif pilihan nih untuk kamu yang pengen beli travel cot aja dibanding baby crib yang mahal hehe.

  • Matras: aku sengaja beli matras baru yang semi latex demi buat kenyamanan si baby. Sebaiknya hindari penggunaan spring bed gak terlalu baik untuk spine ibu bapaknya juga, dan bikin si bayi cepet bangun karena gampang goyang-goyang hehe
  • Matras Protector (udah include waktu beli matras)
  • bedong beli 2 lusin aja karena gak dipakai ngebedong, cuma jadi alas tidur

3. Perlengkapan mandi

  • washlap : aku beli banyakan, ada selusin
  • washcloth, bisa beli merk carter yang halus atau Gerber tapi rada kasar
  • Handuk Jepang: baby G punya 3 handuk kawamoto yang ngehits itu
  • Sisir: Ini guna banget karena baby G newborn rambutnya lebat aduhay hahaha
  • Shampoo, Sabun, baby lotion: Shampoo pakai pigeon, sabun sama baby lotion pakai sebamed dan corine de farme. Aku sukaaaa sekali calendula lotion dari Corine de farme ini ampuh buat ngatasin rash di pipi dan badan baby G
  • t
  • Tisu basah: Aku suka merk mamipoko no perfume no alcohol dan Pure Baby
  • Cotton bud
  • Gunting Kuku. Baby G pakai merk piyo piyo yang bentuk gunting ujungnya bulat
  • Gambar diambil dari klikbabylove.com

    Kasa Kering steril untuk perawatan tali pusat

  • Diaper Rash cream: Baby G punya zwitsal untuk merah-merah ringan di patpat dan Sudocrem jika sudah ada diaper rash yang cukup bandel. Next, aku bakal review tentang Sudocrem yang ajaib ini. Bunda Ghazi loveeee this cream
  • Minyak telon, must have item banget buat baby G. Doi pakai merk My Baby baunya enak dan ada minyak serehnya
  • Baby Oil, dipakai kadang2 aja kalo mau massage
  • Baby bather. Ini aku dapet kado, percayalah banyak yang mau ngadoin bather ini untuk newborn jadi bisa ditunda pembeliannya. Baby G pakai mastela baby bather start umur 3,5 bulan

Gambar diambil dari tokopedia.com

  • Bak mandi: Baby G punya bak mandi puku yang big size. Bundanya sukaaa sekali karena ukurannya yang besar dan juga kuat serta tahan banting.

    Gambar diambil dari kaskus. belum sempet foto sendiri

    4. Diaper VS Clodi VS Popok Kain

  • Baby G pakai popok kain kalau pagi dan siang dialasi dengan happy nappy pad, yang fungsinya bisa sebagai insert clodi ala-ala, bundanya senang sekali lumayan harga ekonomis tapi bisa hemat dispo juga dan anti rash lagi hihihi. Kalo dispo dipakai malam atau jalan-jalan. Baby G so far paling cocok pake merries premium dan pampers active baby. Next, aku bakal review mengenai pencarian diapers ideal hehe.
  • Popok tali aku beli 2,5 lusin
  • Diaper bag, cukup banyak diaper bag bergengsi yang harganya wow. Baby G cuma pakai diaper bag hadiah dari RS, ditambah dapet kado 2 diaper bag yang belum kepakai 😀

5. Keperluan Mamak Baby G dan ASIP tools

  • Breast pump: Aku working mom yang menyusui. Breastpump jadi sahabat sejati sehari-hari. Senangnya baby G dapat hadiah dari simposium Medela Harmony. Aku juga beli breastpump electric unimom allegro yang sungguh ciamik. Di postingan berikutnya akan aku review 2 breaspump ini. Sebaiknya expense lebih disini apabila kamu working mom kalau ada dana bisa juga beli yang double pump semua demi kelancaran ASI Ekslusif
  • Breast pad: punya mamapad dan avent. Jarang pakai breast pad hihihi
  • Bra menyusui
  • Korset: aku cuma punya yang new life. Kalau punya dana lebih bisa beli wacoal atau malah belly bandit 😀
  • daster bukaan depan: sangat sangaaat bermanfaat buat mamaknya
  • Sterilizer: Aku beli panasonic dish dryer. Oke banget dengan suhu 70 derajat sudah cukup untuk mensterilkan. sEbanding dengan harganya. Tempatnya gedeee jadi muat banyak botol dan printilan breastpump di dalamnya
  • Gambar dari tokopedia.com

    Cooler Bag: Aku pakai merk gabag dibeliin Omnya baby G. Motif zebra bow tie, sudah dilengkapi ice gel Gabag yang tahan dalam 10 jam

  • Botol Kaca ASIP dan Plastik ASIP
  • Sikat Botol
  • Pembalut bersalin: awal nifas karena banjir-banjir jadi aku sedia Dacco pembalut nifas
  • Softcup feeder medela, media pemberian ASIP ketika aku kerja. Aku gak beli sama sekali botol apalagi dot dan pacifier
  • Nursing apron, untuk public nursing
  • Bantal menyusui, kepake di awal-awal aja tapi lebih banyak dipakai untuk baby G tidur.
  • Deep Freezer. Aku beli toshiba 4 rak untuk menyimpan ASIP

5. Peralatan lainnya

  • Ember: 2 biji, satu untuk pakaian kotor dan satunya bisa sebagai tempat sampah khusus popok. atau tempat sampah bertutup
  • Container baju bayi
  • Container tempat mainan bayi dan perlengkapan lainnya
  • Container botol kaca
  • Detergent bayi: aku udah coba dari sleek, pure baby sampai ultraco detergent. Ultraco rekomen untuk cuci clodi
  • Slubber atau bib, ini berguna saat bayi mulai ileran dan bisa dipakai jangka panjang untuk MPASI nanti
  • Hanger baju yang digantung, ini penting banget buat gantung baju bayi yang kecil-kecil juga mitten dan kaos kaki
  • Hand sanitizer dan hand wash dengan standar food grade, pastikan tangan kita selalu bersih jika memegang bayi
  • Thermometer, wajib dibeli kalau punya anak bayi. gak harus saklek pakai thermo rectal, yang digital di ketiak aja sudah cukup oke.
  • Sabun cuci botol dan peralatan menyusui

Nah kalo ini yang bisa kamu masukin wishlist untuk kado:

  • Stroller, ini budget paling aduhay untuk barang satu ini. Ada yang harganya selangit sampai seharga motor hahha. Kebetulan baby G dapet kado dari kakeknya Cocolatte spin reversible dan enak dipakai, kuat juga.
  • Gambar diambil dari tokopedia.com

    Bouncer: Baby G dapet kado dari temen-temen kerja bundanya, merk pliko. Bundanya naksir berat nuna leaf tapi liat harganya huuumph bisa saving buat beli carrier yaaa hehehe

  • Dokumen pribadi

    Playmat, baby G juga dapet kado dari temen-temen kantor bundanya. Yippie

  • Baby Carrier. Aku baru aja beli Boba 4G Tweet kebetulan kemarin ada diskonan di Lazada.co.id, kalau udah sampai akan aku review yaa

Sementara ini aja buat newborn, lainnya bisa nyusul koq kayak mainan, teether, playgym, dll. Semoga bermanfaat yaaa dan maaf maaf kalau ada yang kelewatan. Next, akan aku review barang-barang baby G yang kepake banget sampai usianya sekarang. Happy shopping mommies 😀

3 responses »

  1. Aihhh bu Sarah udah posting lagi.
    Sat washcloth garbet agak kasar emang, akhirnya aku pake buat basuh pup or pipis, tapi tetep ditisuin dulu.
    Tissuenya lake mamipoko juga sama detol ijo yang SDA antiseptik non perfumed and alcohol tapi wanhi daun serei, enak

Leave a Reply

